Perkembangan Anak Usia 13-24 Bulan

GUBENG 1 ELEMENTARY SCHOOL
0
Anak pada usia 13-24 bulan memperlihatkan kemempuan perkembangannya yang pesat. Dalam pengertian yang positif, ananda mulai ingin melakukan banyak hal sendiri. Meskipun demikian, setiap ada saja perilakunya yang mungkin membuat ayah bunda kesal dan lelah. Mulai dari mencoret-coret tembok, merobek-robek lembar buku cerita, menumpahkan minuman, naik turun tangga rumah, dan sebagainya.
Saat sedang makan, ananda seringkali ingin bermain sendiri, menolak disuapi, dan apabila makan sendiri selalu saja berantakan. Selain itu apabila ayah bunda melarang, ananda pasti menjerit dan menangis. Sepertinya, kian hari ia semakin suka membantah dan sukar diatur, tidak seperti dulu.
Sebagian besar kata-katanya belum jelas meski sudah dapat dipahami. Rasa ingin tahunya kian besar terhadap hal-hal yang ada di sekelilingnya sehingga ia banyak bertanya. Satu hal lagi yang sulit sekali dilakukan ananda padalah sudah sering dinasehati, ialah berbagi. Saat bermain dengan anak lain, selalu saja ada keributan karena ia enggan untuk berbagi. Setiap mainan selalu dikuasainya hingga membuat anak lain kesal.
Memasuki usia 13-24 bulan wajar jika anak banyak gerak dan selalu ingin tahu. Hal ini menunjukkan perkembangan yang pesat pada kemampuan fisik dan berpikirnya. Anak pun sudah banyak bicara meski pegucapannya belum jelas. Sementara itu perkembangan sosial dan emosinya, tampak dari sikap menentang dan tidak bisa dilarang. Hal ini memang tidak jarang membuat ayah bunda kesal. Akan tetapi, perilaku ini merupakan bekal untuk mencapai kemandirian di kehidupan yang akan datang.

Referensi: http://wisehouseeducation.blogspot.com/2019/01/perkembangan-anak-usia-13-24-bulan.html

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)