Pameran Arsip Virtual HUT 75 oleh Sekretariat Negara Republik Indonesia

GUBENG 1 ELEMENTARY SCHOOL
0


 Indonesia Maju

 


Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 merupakan momentum Indonesia menjadi negara merdeka. Puncak perjuangan pergerakan kemerdekaan yang dengan susah payah diperjuangkan oleh para pahlawan yang telah mendahului kita. Tugas generasi selanjutnya untuk senantiasa melakukan perjuangan mengisi kemerdekaan. 


 Dalam rangka memperingati 75 Tahun Indonesia merdeka, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan Kementerian Sekretariat Negara, menyelenggarakan pameran arsip virtual dengan tema “Indonesia Maju“  yang merepresentasikan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam meraih dan mengisi kemerdekaan melalui pembangunan diberbagai bidang. 


 Dirgahayu  ke-75 Republik Indonesia!


Maju Meraih Kemerdekaan

Kedatangan bangsa asing ke bumi Nusantara merupakan awal dari penjajahan. Potensi besar yang ada di bumi Nusantara membuat bangsa asing berdatangan dan menguasai pusat-pusat dagang, sumber daya alam, serta melakukan politik memecah belah (Devide Et Impera) kekuatan kerajaan, serta melakukan aneksasi di berbagai tempat. 


Namun Nusantara tidak begitu saja diam terjajah. Perlawanan terhadap penjajah terjadi di berbagai wilayah Nusantara, seperti Perlawanan Sultan Ageng Tirtayasa, Untung Surapati, Perang Aceh di Sumatera, sampai Perang Banjar di Kalimantan. Mereka membulatkan tekad, bekerja keras, dan pantang menyerah. 


 Kemudian pergerakan Nasional mulai bermunculan. Semua ini dilatarbelakangi oleh keinginan bersatu sebagai sebuah bangsa, keberanian untuk melawan penjajahan, dan kebulatan tekad untuk merdeka. Munculnya Boedi Oetomo, dan Sumpah Pemuda merupakan penanda perjuanganngan maju meraih kemerdekaan.


PAMERAN DAPAT DI LIHAT DI SINI

Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)