BILA ANAK BERBUAT SALAH, APA YANG HARUS DILAKUKAN ORANGTUA

GUBENG 1 ELEMENTARY SCHOOL
0
Bila anak anda melakukan suatu kesalahan atau berbuat yang tidak tepat, yang membahayakan, atau yang dapat merugikan masa depannya, bagaimana anda bersikap? Bagaimana cara anda agar anak menyadari kesalahannya dan tidak mengulanginya lagi?
Bila anda melakukan komunikasi negatif dengan cara mengancam, menuduh, atau mencelanya, jangan harap anak anda akan berubah sikap dan menyadari kesalahannya. Sebaliknya, mungkin ia akan rendah diri, hilang kepercayaan dan balik menyalahkan orang tuanya atau menyalahkan orang lain. Dampak lainnya, hubungan dengan anda sebagai orang tua akan lebih berjarak.
Cobalah  menerapkan komunikasi positif. Anak akan lebih mudah mencerna kalimat positif daripada mendengar kalimat negatif  atau larangan, meskipun artinya sama. Berkomunikasi yang positif mampu menghasilkan perubahan perilaku pada anak.  Memungkinkan terjadinya saling pengertian antara orang tua dan anak. Apa yang dikehendaki oleh orang tua dapat dimengerti oleh anak  atau demikian pula sebaliknya. Anak akan merasa aman dan nyaman bila berkomunikasi dengan orang tua sehingga tumbuh rasa diri berharga dan berujung perubahan sikap.
Contohnya, anda melihat si sulung memukul adiknya. Anda spontan mengatakan :“Dasar anak nakal!,  jangan memukul adikmu lagi ya”. Cobalah menggunakan kalimat positif dengan mengatakan: “Tanganmu bukan untuk memukul adikmu, tapi tanganmu digunakan untuk hal hal baik”.
Contoh  lain, anak anda mencoret-coret dinding rumah sehingga terlihat kotor, maka anda langsung mengancamnya: “Kalau coret-coret lagi di dinding, ibu jewer telingamu!”. Cobalah mengatakannya dengan ungkapan lain, seperti  “Dinding bukan untuk digambar. Kalau mau menggambar di kertas saja ya”.
Cobalah juga mengganti kalimat negatif seperti kata “jangan”, “tidak boleh”, “dilarang” dengan kalimat positif yang semakna dengannya. Misal, ketika terlihat si anak sedang asyik naik-turun tangga yang bisa membahayakannya, anda dapat menegurnya dengan menggunakan kalimat persuasif, “Mainnya di lantai bawah saja, yuk!” sebagai pengganti dari kalimat negatif berikut, “aduh, jangan main di tangga, nanti jatuh!”. Contoh lain; seperti “Kalau nonton TV jangan dekat-dekat”, menjadi “Kalau nonton TV, mundur lagi, duduk di sofa”. “Mainan jangan dimasukin mulut”, diubah menjadi “Yang boleh masuk ke mulut, makanan dan minuman”. 
Memang, tujuan kedua kalimat itu, positif dan negatif, sama, yakni agar si anak berubah sikap dan menyadari kesalahannya. Tapi cobalah belajar mengungkapkan kalimat positif setiap hari dan lihatlah dampaknya. Tidak hanya berubah sikap, tapi anak anda juga akan aman dan nyaman berada di samping anda. Insya Allah

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)