CIRI KHUSUS PADA TUMBUHAN

GUBENG 1 ELEMENTARY SCHOOL
1
Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan beradaptasi. Adaptasi adalah penyesuaian diri terhadap lingkungannya. Makhluk hidup yang tidak dapat beradaptasi dengan lingkungannya akan terancam kelangsungan hidupnya.

A. Ciri Khusus pada Tumbuhan

1. Kaktus
Mempunyai daun kecil berbentuk duri dengan tujuan mengurangi penguapan akibat sinar matahari
Batang kaktus untuk menyimpan air dan dilapisi lilin, serta sebagai tempat fotosintesis.
Akar kaktus yang lurus dan panjang masuk ke dalam tanah menyerap air sebanyak-banyaknya.

2. Pohon Jati
Ketika musim panas, pohon jati mengugurkan daunnya untuk mengurangi penguapan. Selain pohon jati, ada beberapa pohon lain yang menggugurkan daunnya, yaitu mahoni, kapas/randu, dan kedondong.

3. Bunga Raflesia Arnoldi
Bunga mengeluarkan bau busuk untuk menarik serangga agar dapat membantu penyerbukan. Karena Raflesia tidak mempunyai klorofil, tumbuhan ini hidup parasit, yaitu menempel pada akar tumbuhan lain. Tumbuhan ini banyak ditemukan di Bengkulu. Ukuran bunganya lebih dari 1 meter, beratnya hingga 10 Kg, dan tinggi 50 cm.

4. Bungai Bangkai (Amorphpohallus Titanium)
Bunga ini berbentuk seperti terompet dan menjulang tinggi mencapai sekitar 4 meter. Bunga bangkai tumbuh di atas umbi sendiri, bukan parasit.

5. Putri Malu
Mempunyai daun yang bisa mengatup apabila disentuh. Batangnya berduri untuk melindungi dari musuh.

6. Kantong Semar
Tumbuhan ini memakan serangga untuk memenuhi kebutuhan nitrogen. Nitrogen didapat dengan cara kantong mengeluarkan nektar, serangga tertarik dan kemudian masuk ke dalam dinding kantong. Kemudian serangga akan terpeleset dan jatuh ke dalam cairan kantong.

7. Venus
Tumbuhan ini berengsel dan berbulu. Daun terbuka menunggu serangga datang, kemudian tertutup dengan cepat ketika serangga menempel pada bulu lalu menyerap nitrogen.

8. Mawar
Mempunyai duri untuk melindungi untukmelindungi diri, selain itu ada pohon salak dan bugenvil yang melindungi diri dengan batang berduri.

9. Teratai
Daun tipis dan lebar untuk memudahkan air menguap dan fotosintesis. Batang dan akar mempunyai rongga udara untuk membawa oksigen dan mengapung di air.

10. Pohon Bakau
Memiliki akar untuk melindungi dari ombak dan untuk bernafas.


Referensi:
Haryanto. 2004. SAINS Untuk Sekolah Dasar Kelas VI. Jakarta: ERLANGGA
Tim Globalmedia. 2011. Buku Super RPAL-RPUL.Jakarta: Globalmedia
https://alamendah.org/2009/08/21/perbedaan-rafflesia-arnoldii-dan-bunga-bangkai/ at 9:04 AM. 7 Desember 2016



Post a Comment

1Comments

Post a Comment